Ragam Jenis Bahasa Pemrograman

jenis-bahasa-pemrograman

jenis-bahasa-pemrograman

Jenis Bahasa Pemrograman ada banyak tipe nya saat ini, namun pada awal kalinya perkembangan bahasa pemrograman hanya terdiri dari biner 1 dan 0. atau bahasa assembly. setelah perkembangan zaman, para teknisi di dunia mulai menciptakan bahasa pemrograman yang mudah dimengerti oleh manusia, dan sampai sekarang bahasa pemrograman semakin banyak dan masing masing memiliki kelebihan dan kekurangan. mau tau apa saja itu. lanjut…

Jenis bahasa pemrograman

Saat ini, ada banyak sekali jenis – jenis dan juga macam – macam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para programmer. Berikut ini adalah 15 bahasa pemrograman yang umum dan banyak digunakan oleh para programmer :

1. Java

java

Bahasa pemrograman yang pertama adalah bahasa pemrograman Java. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang banyak kita temukan pada aplikasi – aplikasi, baik di dalam sebuah komputer, ataupun sebuah handphone dan juga smartphone. Dengan keunggulan ini, maka java memang benar – benar menjadi sebuah bahasa pemrograman yang sangat populer dan juga banyak dipahami dan mudah untuk dipelajari.

Saat ini, hak paten dari penggunaan bahasa pemrograman Java sendiri dipegang oleh Oracle. Banyak sekali palikasi dan juga software – software yang sangat berguna dan juga bermanfaat bagi user, yang dibuat dan jga dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan yang utama dari bahasa pemrograman Java ini adalah karena Java merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya multi platform, yang artinya bisa digunakan dalam berbagai macam sistem operasi dan juga basis software lainnya. Selain itu, ada beberapa keunggulan lainnya dari Java, yaitu :

  • Mudah untuk dikembangkan
  • Memiliki library yang lebih lengkap
  • Kemudahan dalam menyusun script
  • Memiliki pasar yang luas, karena smartphone sedang booming dan banyak digunakan
  • Merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau OOP

2. Bahasa C

c-program-logo-techseventy

Kalu di dalam Bahasa manusia, terdapat beberapa bahasa yang menjadi bahasa Induk, seperti Bahasa Yunani, Bahasa Latin dan juga Bahasa Arab, maka dalam bahasa pemrograman, hal ini juga berlaku. Ya, ada satu bahasa pemrograman yang tertua, dan merupakan bahasa induk dari berbagai macam bahasa pemrograman yang ada hingga saat ini. Dialah bahasa pemrograman C.

Bahasa pemrograman C ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada era 70-an, yang mana merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang tertua. Saat ini, bahasa C mungkin sudah jarang digunakan, namun demikian, Bahasa C ternyata mendalangi pembentukan bahasa pemrograman lainnya, seperti Bahasa C ++, C #, Java dan berbagai macam bahasa pemrograman lainnya.

Jenis bahasa Pemrograman C

Bahasa C saat ini banyak digunakan hanya sebagai media pembelajaran, dimana setiap siswa yang akan mempelajari tentang pengembangan sebuah software, biasa akan diajarkan bahasa C terlebih dahulu, karena bahasa C merupakan dasar dari beberapa bahasa pemrograman yang abnyak digunakan saat ini. dengan memahami dasar – dasar yang digunakan dalam bahasa C, maka nantinya para programmer akan menjadi lebih mdah dalam memahami bahasa – bahasa pemrograman lainnya.

Sama seperti bahasa pemrograman Java, bahasa C ini banyak digunakan untuk membuat aplikasi – aplikasi berbasis sistem operasi.

3. Jenis Bahasa Pemrograman PHP

main-qimg-9c7723e302afb4d0063023eba3055e9e

Merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan pengembang dan juga developer dari situs – situs internet. PHP, yang merupakan kependekan dari PHP Hypertext Pre – Processor merupakan salah satu bahasa pemrogaman yang dimanfaatkan untuk pengembangan sebuah situs di dalam jaringan internet.

Ketika anda akan membuat sebuah website ata situs, maka sudah pasti anda membutuhkan sebuah bahasa pemrograman yang dapat mengintegrasikan manajemen bass data yang anda miliki, serta berbagai macam resource yang akan digunakan. Maka dari itu, digunakanlah bahasa pemrograman PHP ini untuk mengembangkan website tersebut.

Keunggulan dari bahasa pemrograman PHP

Ada beberapa keungulan yang bisa diperoleh dari penggunaan bahasa pemrograman PHP, yaitu:

  • Merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya gratis dan juga free to edit
  • Memiliki kemampuan untuk membuat sebuah website dinamis, berkat fitur server side scripting

Bahasa pemrograman PHP ini tentu saja sudah terbukti kehandalannya, karena banyak digunakan pada situs dan juga website terkenal, seperti facebook dan jga wordpress.

4. Visual Basic

visualbasiclogo

Visual Basic, atau yang juga dikenal dengan nama Microsoft Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh raksasa teknologi dunia, yaitu Microsoft. Visual basic, yang juga emrupakan paket bundling dengan Microsoft Vsual Studio, merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat sebuah aplikasi yang berjalan di dalam platform sistem operasi windows. Berbeda dengan Java yang sifatnya multi platform, memang visual basic ini terbatas pada windows saja.

Namun demikian, fitur – fitur bahasa pemrogaman yang terdapat di dalam visual basic ini sangatlah beragam, sehingga visual basic juga menrupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak dan juga populer digunakan di dunia, termasuk di Indonesia. Visual basic menawarkan bahasa pemrograman basic, yang dipadukan dengan ide – ide visual dalam pembuatan sebuah aplikasi ataupun software. Jadi, hanya dengan menggunakan bahasa pemrograman basic saja, sudah bisa memperoleh sebuah aplikasi yang memiliki visualisasi yang menarik.

sponsored links

Jeis bahasa pemrograman Visual Basic

Saat ini, kebanyakan visual basic digunakan dalam pengembangan software – software sederhana, seperti :

  • Kalkulator
  • Program absensi
  • Program akuntansi
  • Bahkan beberapa pengembang sanggup membuat sebuah permainan, alias game dengan menggunaan bahasa pemrograman Visual Basic.

5. Python

python

Bahasa pemrograman yang namanya sama seperti nama dari salah satu ular predator terganas ini merupakan bahasa pemrograman yang cenderung sederhana dan juga mudah untuk dipahami. Python mampu menawarkan pengembangan dari sebuah aplikasi dan juga software, baik yang berbasai web ataupun berbasis platform dan sistem operasi. Hal ini membuat Python merupakan sebuah bahasa pemrograman yang multifungsi, karena dapat membuat berbagai macam aplikasi di berbagai macam platform dan juga web based.

Python sediri mrupakan salah satu bahasa pemrograman yang masuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, yang berarti komunikasi antara manusia dan juga mesin dapat berjalan dengan baik dan lebih lancar apabila dibandingkan dengan bahasa mesin.

Jenis bahasa pemrograman Python

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, bahasa pemrograman python merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunaka dalam pemuatan berbagai macam aplikasi dan software, baik itu web – base software ataupun platform – based software. Beberapa pemain besar dalam teknologi komputer yang menggunakan bahasa pemograman python ini adalah Instagram, Pinterest, pengembang dari Google, Yahoo, dan juga banyak digunakan oleh pengembang dari NASA (Divisi antariksa dan juga luar angkasa milik pemerintah Amerika Serikat). Hal ini menunjukkan bahwa bahasa pemrograman python adalah salah satu bahasa pemrograman yang pas untuk digunakan dalam pembuatan berbagai macam aplikasi.

6. C++

c-unofficial-sh

Nah, seperti sudah disinggng pada bahasa pemrograman nomor dua, bahasa pemrograman C ++ ini merupakan “anak” dari bahasa pemrograman C. C ++ dibuat dan dikembangkan untuk menyempurnakan kemampuan bahasa C dalam membuat sebuah program dan juga aplikasi. C ++ memilii sintaks penulisan scipt code yang hampir sama, karena memang berasal dari bahsa yang sama. Namun demikian, yang membedakan antara bahasa pemrograman C ++ dengan bahasa pemrograman C adalah dari segi penyelesaian masalah.

Bahasa pemrograman C ++ menggunakan endekatan pemecahan masalah, dimana masalah – masalah yang muncul tersebut akan terbagi – bagi ke dalam kelas (class) tertentu, berbeda dengan bahasa pemrograman C yang menyelesaikan masalah dengan cara membaginya ke dalam sub – sub masalah yang lebih kecil lagi.

Penggunaan bahasa pemrograman C ++

Bahasa pemrograman C ++ juga merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan dalam mengembangkan dan membuat sebuah program ataupun software. Adobe, yang merupakan pengembang software besar dengan banyak aplikasinya, menggunakan bahasa perograman C ++ dalam mengembangkan berbagai macam aplikasi yang mereka buat. Selain itu, browser yang banyak kita gunakan sehari – hari untuk melakukan surfing di internet, yaitu Mozilla Firefox, juga merupakan salah satu software yang menggunakan bahasa pemrograman C ++ dalam pengembangannya.

7. JavaScript

js

Berbeda dengan bahasa pemrograman Java yang focus pada pengembangan aplikasi dan juga software berbasis OS dan juga Non – OS, maka JavaScript memfokuskan dirinya pada bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan sebuah website. Banyak sekali website – website yang menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrograman utama mereka.

Wajar saja apabila Javascript didaulat menjadi sebuah bahasa pemrograman yang ditugaskan dalam mengembangkan website dan juga situs – situs di dalam internet. Hal ini disebabkan oleh pengembang dari bahasa pemrograman JavaScript ini sendiri adalah Netscape. Netscape merupakan sebuah perusahaan, yang pada sejarah perkembangan jaringan komputer dan juga internet mengembangkan sistem browser pertama kali, dengan nama Netscape Navigator.

Keunggulan dari menggunakan JavaScript

Keunggulan utama dari penggunaan JavaSript sebagai sebuah bahasa pemrograman adalah kemampuannya dalam mengembangkan sebuah situs dan juga website dengan tampilan visual yang menarik dan juga interaktif, sehingga mudah untuk dikreasikan.

8. C#

c-logo-1

Apabila mendengar namanya, maka anda pasti sudah paham bahwa bahasa pemrograman ini merupakan bahas pemrograman yang merupakan pengemangan dari bahasa pemrograman C. ya, anda benar sekali. Bahasa pemrograman C# atau yang bisa diucapkan sebagai C Sharp ini merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Pada dasarnya, Microsoft mengembangkan bahasa pemrograman C# ini adalah bertujuan untuk menggabungkan fungsi dan juga keunggulan masing – masing dari kedua bahasa pemrograman yang sudah ada sebeleumnya, yaitu bahasa pemrograman C dan bahasa pemrograman C ++.

Penggunaan Bahasa pemrograman C#

Secara umum, bahasa pemrograman C# ini merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan pada pengembangan sistem dan juga aplikasi serta software berbasi Microsoft. Jadi, secara alamiah,, bahasa pemrograman ini tidak seperti bahasa pemrograman C ++ dan juga Java yang sifatnya multi platfor, karena hanya dapat digunakan dan juga dikembangkan menjadi aplikasi yang berbasis sistem operasi dan juga segala benuk sistem besutan Microsoft.

9. HTML / CSS

html5css3

HTML atau CSS merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar digunakan pada pengembangan sebuah situs ataupun website. HTML atau CSS ini banyak digunakan pada berbagai macam situs web terkemukan, seperti pada era 2000-an digunakan oleh situs jejaring sosial Friendster, dan beberapa website hingga saat ini, seperti Blogspot.

Dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML dan CSS ini, maka setiap programmer dapat mengembangkan sebuah website yang menarik dan juga interaktif. Pada dasarnya, HTML atau CSS ini merupakan dasar dari berbaagi macam bahasa pemrograman yang berbasi web, sehingga agar bisa memahami berbagai macam bahasa pemrograman berbasis web, anda juga perlu untuk mempelajari bahasa pemrograman HTML / CSS ini.

10. Ruby

ruby-sh-600x600

Merupakan bahasa pemrograman berjeni OOP atau Object Oriented Program yang berasal dari jepang. Mirip seperti Java, Ruby bisa digunakan untuk membangun sebuah aplikasi dan juga software yang sifatnya multiplatform, alias bisa digunakan di mana saja.

11. XML

2000px-xml_logo-svg

Bahasa pemrograman berikutnya yang juga banyak digunakan adalah bahasa pemrograman XML. XML sendiri merupakan kependekan dari extensible markup language, yang pada dasarnya merupakan salah satu pengembangan dari bahasa pemrograman HTML. XML sendiri saat ini dikembangkan dengan memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan utama daari bahasa pemrograman xml ini adalah kemampuan dari bahasa pemrograman ini untuk meringkas dan juga menyimpan sebuah data, sehingga menjadi mudah diatur. Penggunaan dari XML ini memang sangat sederhana, dan mirip seperti penggunaan HTML.

Seain itu, XML juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti merupakan salah satu bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam golongan pintar, dapat beradaptasi, memiliki pemeliharaan dan juga maintenance yang cenderung mudah dan juga murah, serta jauh lebih sederhana apabila dibandingkan dengan jenis bahasa pemrograman lainnya.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat, jika anda ingin membuat software atau aplikasi, tetapi bingung bagaimana cara membuat dan mendesainnya, anda dapat menggunakan jasa kami. terima kasih.