Pengertian Web-Based Application

pengertian web-based application

Web-based application adalah Sebuah aplikasi berbasis web mengacu pada setiap program yang diakses melalui koneksi jaringan menggunakan HTTP , bukan yang ada dalam memori perangkat . aplikasi berbasis web sering berjalan di dalam browser web . Namun, aplikasi berbasis Web juga mungkin klien berbasis , di mana sebagian kecil dari program di-download ke desktop pengguna , tetapi pengolahan dilakukan melalui Internet pada server eksternal .

Ada banyak kebingungan yang diciptakan oleh penggunaan istilah seperti , berbasis cloud berbasis internet dan berbasis web ketika mengacu pada aplikasi . aplikasi berbasis web sebenarnya mencakup semua aplikasi yang berkomunikasi dengan pengguna melalui HTTP . Ini termasuk aplikasi ringan seperti Flash game , kalkulator online , kalender , dan sebagainya , serta aplikasi yang lebih intensif yang menggunakan HTTP .

Adapun Keunggulan sebuah web-based application antara lain :

  1. Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
  2. Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
  3. Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet.
  4. Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
  5. Tidak perlu spesifikasi computer yang tingggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.

adapun kekurangan dari sebuah web based-application antara lain :

  1. Dibutuhkan koneksi intranet dan internet yang handal dan stabil, hal ini bertujuan agar pada saat aplikasi dijalankan akan berjalan dengan baik dan lancer.
  2. Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bias berjalan.

Demikian sekelumit penjelasan dari sebuah pertanyaan ” pengertian web-based application? ” Semoga beberapa baris tulisan pada artikel ini sedikit memberi pencerahan kepada anda yang sedang ingin tahu. Jika ada yang kurang atau keliru dari penjelasan saya ini anda bisa tinggalkan komentar untuk selanjutnya saya tindak lanjuti.

Artikel ini disadur dari beberapa sumber blog yang berpredikat baik.